Digital Trends 2016


Salam Internet dan Bisnis ICT

Selamat pagi teman-teman IF-39-10 dan IF-39-11.

Tugas pertama untuk mata kuliah KUG1H3 mempunyai nilai 30% terhadap keseluruhan nilai KUG1H3 Internet dan Bisnis ICT 2015-2. Sebagaimana saya jelaskan di pertemuan pertama, diminta teman-teman membaca beberapa referensi terkait sebagai berikut dan menyusun ringkasan dengan bahasa teman-teman sendiri:

http://web.mit.edu/pie/research/index.html

http://www.mckinsey.com/insights/consumer_and_retail/the_consumer_sector_in_2030_trends_and_questions_to_consider

http://www.bain.com/bainweb/media/interactive/disruption/

https://machinaresearch.com/forecasts/

http://www.digitaltrends.com/ces/ces-2016-trends/

http://www.gartner.com/technology/research/methodologies/hype-cycle.jsp

http://www.gartner.com/newsroom/id/2575515

http://www.gartner.com/newsroom/id/3114217

http://www.mckinsey.com/insights/business_technology/the_digital_tipping_point_mckinsey_global_survey_results

https://www.accenture.com/us-en/it-technology-trends-2015.aspx

http://www.pwc.com/us/en/advisory/business-digital-technology-trends.html

http://www2.deloitte.com/global/en/pages/technology/articles/tech-trends.html

Ringkasan dibuat dalam bentuk essay dengan 2 format:
1/ sebagai Microsoft Powerpoint (.pptx) dan di email,
2/ dimasukkan sebagai Reply post artikel ini (“Leave a Reply” di bawah),

dikerjakan secara individu,
mekanismenya:

1/ Untuk format pertama .pptx:

Dikumpulkan melalui email ke [email protected] maksimum pada hari Senin 1 Februari 2016 jam 17.00 (waktu saat diterima di inbox saya).

Subject email:
email mohon dikirim dengan judul atau subject yang sama agar memudahkan dalam pengurutan dan pencarian di inbox saya:

KUG1H3 2016 Tugas 1

Body email:

Cantumkan nama lengkap dan nomor induk mahasiswa.

Attachment Microsoft Powerpoint (extension .pptx), dengan penjelasan ringkas, jelas, dan meyakinkan, minimum 10 slides maksimum 20 slides.

Yang perlu dibahas:

Jelaskan bagaimana pendekatan analisis tren teknologi dilakukan di konsultan McKinsey, Bain and Company, Accenture, PWC, Deloitte Consulting, serta Gartner dan Machina Research.

Apa kesamaan di antara tren teknologi yang mereka sampaikan? Apa perbedaannya?
Menurut Anda teknologi apakah yang akan berpengaruh secara politik, ekonomi, dan sosial? Jelaskan alasan Anda.

Untuk Gartner Hype Cycle, silakan bahas pandangan dan analisis Anda tentang tren teknologi tahun 2013 dan tahun 2015.

2/ Untuk format kedua “Leave a Reply”

Teman-teman sampaikan ringkasan presentasi .pptx di atas dalam form “Leave a Reply” dan login dengan menggunakan akun Facebook masing-masing.

Silakan pula cantumkan / paste link ke post artikel ini (http://ekodarwiyanto.staff.telkomuniversity.ac.id/2016/01/28/digital-trends-2016/) di akun facebook masing-masing.

Ringkasan presentasinya harus disampaikan dalam bentuk teks:

Apa saja kesamaan dan perbedaan tren teknologi yang disampaikan McKinsey, Bain and Company, Accenture, PWC, Deloitte Consulting, serta Gartner dan Machina Research.

Tren teknologi manakah yang akan berpengaruh secara ekonomi, politik, dan sosial menurut Anda dan penjelasannya.

Sistem Penilaian

Ketentuan penilaian untuk Tugas 1 adalah sebagai berikut:
60 =
jika tidak mengumpulkan tugas atau tidak dikumpulkan dalam 2 format seperti di atas atau mengumpulkan tugas setelah tanggal 1 Februari 2016 jam 17.00.
70 =
jika mengumpulkan tugas sebelum batas waktu dalam 2 format seperti di atas, dan menyusun kerangka presentasi sesuai spesifikasi tugas ini.
80 =
jika mengumpulkan tugas sebelum batas waktu dalam 2 format seperti di atas, menyusun kerangka presentasi sesuai spesifikasi tugas ini, dan menyajikan pandangan yang ringkas, jelas dan meyakinkan.
90 =
jika memenuhi kriteria nilai 80, ditambah menyajikan referensi tambahan yang berbobot dan dapat diterima.

Terima kasih dan happy exploring

Salam,
@ekodarwiyanto

>> END


Leave a Reply